Kamis, 16 Juni 2016

Tips Mengembangkan Diri sambil Mencari Pekerjaan

Hasil gambar untuk mengembangkan diri sambil mencari pekerjaan
Seiring dengan momen wisuda, maka berakhirlah segala kewajibanmu sebagai mahasiswa. Namun setelah lulus bukan berarti kamu berhenti dalam mengembangkan diri. Justru ini kesempatan yang baik untuk kamu semakin memperbaiki kualitas diri dan meningkatkan potensi yang sudah kamu miliki selama ini.
Coba saja lakukan beberapa hal di bawah ini agar kualitas dirimu semakin hebat dan meningkat. Tidak hanya agar waktu luangmu bermanfaat namun juga agar peluangmu untuk mendapat pekerjaan impian kamu semakin meningkat.
Dengan begitu maka idup kamu akan terasa lebih menyenangkan. Karena fresh graduate pasti akan memiliki pekerjaan seadanya saja, demi menutupi kebutuhan hidup. Namun kamu juga tetap bisa mengembangkan diri sambil bekerja dengan baik.

Berikut tips ampuh mengembangkan diri sambil mencari pekerjaan:

Manfaatkan waktu luangmu untuk meningkatkan skill
Ada banyak situs di internet yang bisa membantumu untuk meningkatkan skill kamu. Jadi kamu tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk kursus mahal. Mulai dari public speaking, coding, crafting DIY bahkan akuntansi yang bisa kamu jadikan sebagai bahan pembelajaran.

Liburan untuk meningkatkan kualitas
Mumpung kamu masih memiliki waktu luang, manfaatkanlah dengan bersenang-senang. Misalnya saja dengan main ke pantai atau sekadar jalan-jalan ke taman dekat rumah yang ada di kota kamu. Dengan bersenang-senang maka pikiranmu akan menjadi lebih segar.

Olahraga minimal seminggu dua kali
Mumpung kamu belum bekerja kantoran, pandai-pandailah menjaga kesehatan. Olahraga minimal dua kali seminggu untuk menjaga kesehatan kamu. Karena kesempatan akan selalu datang untuk orang yang selalu berusaha meningkatkan sistem imun tubuhmu. Jangan malas mencintai tubuhmu sendiri, selain bisa memudahkanmu lolos tes kesehatan perusahaan, ini juga bisa melatih kamu membangun kebiasaan baik sebelum kamu menjadi terlalu sibuk bekerja.

Waktu bersama keluarga
Coba untuk melakukan quality time bersama keluarga, hal yang jadi kemewahan ketika kamu masih mahasiswa dulu. Hanya dari percakapan bersama ibu dan ayah, kamu bisa mendapat banyak pembelajaran tentang hidup. Orangtua yang sudah hidup lebih lama darimu, tentu memiliki banyak nasihat tentang bagaimana cara menjalani hidup sebagai orang dewasa. Percayalah yang kamu dapatkan dari mereka akan membuatmu semakin bijak dan mawas diri sehingga kualitas dirimu akan semakin mumpuni.

Mencari pengalaman kerja
Pengalaman kerja adalah salah satu aset berharga bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan. Tidak perlu pusing, kamu yang masih fresh graduate bisa mendapatkan pengalaman kerja ini dengan membuka usaha sendiri.
Kamu bisa membuka usaha kecil-kecilan dari hobimu tersebut. Kamu yang hobi dandan misalnya, otomatis kamu mengetahui merek-merek bagus di dunia make up. Jadikan itu lahan bisnis dengan menjadi reseller merek-merek tersebut di sosial media. Entah sukses atau tidak online shopping-mu kelak, paling tidak dengan ini kamu jadi bisa belajar marketing, public relations, consumer relations, sales, dan accounting.
Jadi jangan sampai malas mengembangkan diri hanya karena kamu sudah sarjana. Justru ada banyak hal-hal bermanfaat yang bisa kamu kerjakan selama waktu mencari kerja tersebut sembari menunggu panggilan tes wawancara. Itulah tips ampuh mengembangkan diri sambil mencari pekerjaan yang bisa kamu lakukan demi kehidupan yang lebih berkualitas.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar