Kamis, 16 Juni 2016

Tips Makanan Sehat untuk Penderita Maag

Hasil gambar untuk makanan untuk penderita maag
Rasanya memiliki penyakit maag itu pasti tidak ada enak-enaknya. Makan salah tidak makan juga salah, jadinya pasti serba salah. Ngemil juga sama, tidak boleh asal masuk mulut saja harus benar-benar diperhatikan makanannya.
Kami juga setuju jika punya penyakit maag itu tidak boleh sembarangan makan, agar gejalanya cepat reda dan tidak semakin menjalar. Untuk itu agar cepat sembuh bahkan hilang sama sekali, berikut adalah daftar cemilan yang aman dan pasti sehat untuk kamu penderita maag.
Bukan hanya makanan saja yang harus kamu perhatikan namun juga banyaknya makanan agar tidak membuat asam lambung kamu naik. Dengan begitu maka kamu bisa sehat dan maag yang kamu derita jarang kumat lagi.

Berikut tips makanan sehat untuk penderita maag:

Sarapan bubur
Menderita penyakit maag bukan berarti tidak sarapan, justru kamu harus tetap menjaga pola makan agar lambungmu dapat bekerja normal. Pilih bubur sebagai menu sarapanmu, karena makanan lunak ini mencegah dan meringankan rasa sakit di perut. Agar lebih berasa, kamu bisa tambahkan telur rebus dan kecap asin. Sebaiknya hindari makanan yang sulit dicerna seperti daging ayam atau jerohan, apalagi untuk sarapan.

Sari kacang hijau
Kacang hijau merupakan salah satu makanan yang dapat memelihara kinerja lambung, termasuk mengatasi gangguan asam lambung. Makanan ini memiliki kemampuan untuk membentuk lapisan-lapisan di dalam lambung yang berfungsi untuk mencegah naiknya asam lambung. Kacang hijau juga mempunyai peran sebagai asupan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh namun jika kamu tidak begitu menyukai kacang hijau pilih saja makanan yang mengandung sari kacang hijau.

Kentang tumbuk (mashed potato)
Kentang sangat baik untuk menetralkan asam lambung karena kentang memiliki sifat basa. Kentang mengandung karbohidrat yang mampu memberikan rasa kenyang cukup lama, sehingga dianjurkan untuk dikonsumsi setiap pagi. Mashed potato menjadi salah satu pilihan cemilan nikmat untuk penderita maag, cara membuatnya juga mudah.

Sayuran tidak banyak serat
Bagi penderita maag, kamu perlu pintar dalam memilih sayuran yang tidak mengandung banyak serat. Karena terlalu banyak serat justru membuat kerja lambung semakin berat. Sebagai pilihan kamu bisa mengkonsumsi sayuran-sayuran seperti brokoli, kol, wortel, timun dan labu.

Pisang dan pepaya
Pisang dan pepaya mengandung kalium yang berfungsi untuk menyeimbangkan Ph atau derajat keasaman dalam lambung. Selain itu mengandung potasium yang mampu menormalkan tekanan darah akibat stres. Sebaiknya kamu mengkonsumsi pisang atau pepaya ini di sela-sela waktu makan, karena memberikan efek rasa kenyang lebih lama.

Es kelapa muda
Selain pengganti ion tubuh yang menyegarkan, air kelapa juga memiliki manfaat untuk menjaga kadar keasaman dalam lambung. Jika kamu adalah penderita maag yang memiliki banyak aktivitas, tidak perlu cemas minum es kelapa muda bisa membantu energi kamu kembali lagi.
Jadi meskipun kamu punya pantangan untuk makanan tertentu namun jangan takut untuk mengkonsumsi aneka menu di atas. Dijamin aman dan sehat buat penderita maag yang terpenting jangan terlalu berlebihan harus sesuai porsinya. Itulah tips makanan sehat untuk penderita maag yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kambuhnya sakit maag.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar